PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA SMA NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019.

Sulawanti, Ezha Vandia (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA SMA NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL EZHA VANDIA SULAWANTI.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik siswa di SMA Negeri 5 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain post test only equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Mataram tahun 2018 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi unjuk kerja untuk mengukur kemampuan psikomotorik peserta didik. Analisis data digunakan t test pada taraf kesalahan 5%. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibanding ttabel (17,21 > 1,99). Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan inkuiri berbasis laboratorium dengan yang tidak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik siswa di SMA Negeri 5 Mataram tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inkuiri Berbasis Laboratorium, Kemampuan Psikomotorik Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:29
Last Modified: 17 Nov 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item