ENGARUH KETINGGIAN AIR YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BELUT (Monopterus albus) THE EFFECT OF DIFFERENT WATER LEVEL ON THE GROWHT AND SURVIVAL OF EELS (Monopterus albus)

Ningtyas, Atiasyifa Kusuma (2018) ENGARUH KETINGGIAN AIR YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BELUT (Monopterus albus) THE EFFECT OF DIFFERENT WATER LEVEL ON THE GROWHT AND SURVIVAL OF EELS (Monopterus albus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal publikasi.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Budidaya belut yang umum digunakan selama ini adalah menggunakan substrat lumpur, namun terdapat beberapa kelemahan dalam metode ini baik dari segi waktu persiapan yang lama dan sulitnya dalam pemantauan. Salah satu solusinya adalah penggunaan media air jernih sebagai media pemeliharaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketinggian air terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup belut sawah tanpa substrat. Belut yang digunakan memiliki bobot rata-rata 19,38±1,30 gram dan panjang rata-rata 6,78±1,01 cm yang dipelihara selama 70 hari masa pemeliharaan dalam dua ketinggian air yang berbeda, yaitu (A) 3 cm dan (B) 5 cm. Berdasarkan hasil Uji t bebas menunjukkan perlakuan B memberikan pertumbuhan panjang mutlak yang lebih tinggi dengan nilai 2,24 cm serta kelangsungan hidup sekitar 80%. Namun tidak ada perbedaan nyata (P>0,05) pada pertumbuhan bobot mutlak (2,47-2,83 gram) dan laju pertumbuhan bobot spesifik (0,45-050%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): belut sawah, ketinggian air, kelangsungan hidup, pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:28
Last Modified: 17 Nov 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item