PEMERTAHANAN LEKSIKON ALAT-ALAT RUMAH TANGGA MASYARAKAT DESA PRINGGARATA LOMBOK TENGAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJRAN MUATAN LOKAL SEBUAH KAJIAN EKOLINGUISTIK

Apriliana, Baiq Erya Dwi (2018) PEMERTAHANAN LEKSIKON ALAT-ALAT RUMAH TANGGA MASYARAKAT DESA PRINGGARATA LOMBOK TENGAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJRAN MUATAN LOKAL SEBUAH KAJIAN EKOLINGUISTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL OKE.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemertahanan leksikon alat rumah tangga masyarakat Pringgarata Lombok Tengah dan implementasinya dalam pembelajaran muatan lokal sebuah kajian ekolingusitik, yang bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi pengetahuan dan pemahaman leksikon alat rumah tangga, bagimana mengupayakan pemertahanan leksikon alat rumah tangga serta untuk mengetahui implementasi dalam pembelajaran muatan local.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa nama alat leksikon rumah tangga desa Pringgarata Lombok Tengah. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode cakap. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu penghitungan persentase yang didasarkan pada jumlah jawaban yang masuk. Data dalam penelitian ini akan disusun dalam bentuk tabel. Penyusunan dalam bentuk tabel atau tabulasi ini merupakan tahap lanjutan dalam rangkaian proses analisis data. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Metode formal digunakan untuk menyajikan data tentang penyusutan pengetahuan dan pemahaman leksikon alat rumah tangga dan (2) metode informal digunakan untuk mendeskripsikan kondisi, pandangan, dan pemahaman masyarakat secara umum terhadap keberadaan leksikon alat rumah tangga, sehingga penelitian ini berupaya untuk mengkaji kondisi terkini leksikon alat rumah tangga masyarakat Pringgarata Lombok Tengah, baik menyangkut pergeseran, pemertahanan, dan implementasinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pemertahanan leksikon, alat rumah tangga, ekolinguistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:27
Last Modified: 17 Nov 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item