PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016

METASARI, NI PUTU GILANG (2016) PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
NI PUTU GILANG METASARI.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah ketercapaian hasil belajar siswa IPS yang belum mencapai KKM dan belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan, sehingga perlu adanya upaya untuk mengatasi masalah tersebut, dengan menerapkan metode resitasi pada s iswa kelas IV SDN 3 Cakranegara Tahun ajaran 2015/2016. Data hasil belajar dipero leh dengan menggunakan metode tes berupa soal pilihan ganda . Sedangkan data mengenai aktivitas siswa dan g uru diperoleh deng an menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan rata - rata skor aktivitas gur u yaitu sebesar 59,5 dengan kate gori cukup baik pada sikl us I yang meningkat menjadi 71,5 dengan kate gori baik pada siklu s II. Sedangkan rata - rata skor aktivitas siswa pada siklus I 60 atau dalam kate gori cukup aktif menjadi 67,5 dengan kate gori aktif pada siklus II. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 72,4 % dan pada siklus II mengalami penin

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Resitasi, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:25
Last Modified: 17 Nov 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10433

Actions (login required)

View Item View Item