PENERAPAN TEHNIK PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS IV SDN 02 SESELA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RINJANI, NOVITA SUPRABA NUR (2016) PENERAPAN TEHNIK PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS IV SDN 02 SESELA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
NOVITA SUPRABA NUR RINJANI.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV dapat dilihat dari nilai rata - rata IPA siswa adalah 65,20. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 02 Sesela yang masih banyak berada di bawah KKM disebabkan oleh beberapa faktor. Secara umum fa k tor tersebut dibagi menjadi 2, yaitu faktor internal dan f actor eksternal. Salah satu faktor internal yaitu penggunaan tehnik pembelajaran yang kurang tepat atau bahkan tidak digunakan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan tehnik pembelajaran Buzz Group. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa pada siklus I, aktivitas guru berada pada kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II yakni berada pada kategori baik, sementara dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum dilakukan penelitian dengan setelah dilakuk

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buzz Group , hasil belajar, dan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:25
Last Modified: 17 Nov 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item