PENINGKATAN HA SIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING DI SDN 1 BONJERUK TAHUN AJARAN 2015/2016

MARTIASTUTI, WIWIK (2016) PENINGKATAN HA SIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING DI SDN 1 BONJERUK TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
WIWIK MARTIASTUTI.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 1 Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah diindikasi oleh kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan guru serta penggunaan metode yang kurang melibatkan siswa pada saat proses pe mbelajaran sehingga siswa cenderung pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Bonjeruk Tahun Ajaran 2015/2016 dengan menerapkan metode pembelajaran Guided Note Taking . Jenis penelitian yang digunakan adala h penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Pengumpulan data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata - rata evaluasi siswa 65,8 dengan ketuntasan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar IPA, Metode Guided Note Taking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:24
Last Modified: 17 Nov 2018 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

View Item View Item