EFEKTIVITAS PUPUK PETROBIO DAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KOL BUNGA (Brassica oleracea var. botrytis L.) ETROBIO AND NPK FERTILIZERS EFFECTIVITY ON GROWTH AND YIELD OF CAULIFLOWER (Brassica oleracea var. botrytis L.)

Suryadi, Muhammad (2018) EFEKTIVITAS PUPUK PETROBIO DAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KOL BUNGA (Brassica oleracea var. botrytis L.) ETROBIO AND NPK FERTILIZERS EFFECTIVITY ON GROWTH AND YIELD OF CAULIFLOWER (Brassica oleracea var. botrytis L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS PUPUK PETROBIO DAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KOL BUNGA.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas lahan dan produksi tanaman adalah dengan mengaplikasikan pupuk hayati dan pupuk anorganik. Penelitian ini bertujuan mempelajari efektivitas dari pemberian pupuk hayati Petrobio dan pupuk anorganik NPK terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kol bunga (Brassica oleraceea var. botrytis L.). Satu percobaan lapang dilaksanakan dari bulan April sampai dengan Juni 2017 di Desa Perian, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.Perlakuan yang diuji terdiri atas dua faktor, yaitu faktor pupuk Petrobio dan faktor dosis pupuk NPK. Pupuk Petrobio (P) terdiri atas tiga aras yaitu: p0= 0 kg , p1= 30 kg , p2= 60 kg dan faktor kedua, dosis pupuk NPK (K), terdiri atas dua aras yaitu: k1= 150 kg , k2= 300 kg . Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x2, masing-masing perlakuan diulangi 3 kali sehingga didapat 18 unit perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Petrobio meningkat dengan meningkatnya dosis dibarengi dengan dosis pupuk NPKyang tinggi. Hasil terbaik didapat dari interaksi antara dosis Petrobio 60 kg dan NPK 300 kg yang menghasilkan rerata tertinggi pada berat berangkasan basah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesuburan tanah, pemupukan berimbang, pupuk anorganik, pupuk hayati
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:24
Last Modified: 17 Nov 2018 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item View Item