ANALISIS KESALAHAN EJAAN DAN DIKSI PADA KARANGAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII/B SMP NEGERI 2 GUNUNGSARI

Hadijah, Nurul (2018) ANALISIS KESALAHAN EJAAN DAN DIKSI PADA KARANGAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII/B SMP NEGERI 2 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSIKUU aploud-converted.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mendeskripsikan data dalam bentuk teks yang bersifat naratif atau rangkaian kalimat. Sumber datanya adalah berupa karangan deskripsi siswa kelas VII/B di SMPN 2 Gunungsari, sedangkan data dalam penelitian ini berupa karangan siswa yang terdapat banyak kesalahan ejaan dan diksi. Penelitian ini mengambil 15 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan penulisan ejaan yang ditemukan yaitu kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penulisan kata, dan kesalahan pemakaian tanda baca. Kesalahan penulisan huruf kapital meliputi kesalahan penulisan nama tempat, kesalahan penulisan huruf pertama kata pada awal kalimat, dan kesalahan penulisan pada tengah kata. Kesalahan penulisan kata meliputi kesalahan penulisan kata ganti ku-, kesalahan penulisan kata depan di- dan ke-, kesalahan penulisan imbuhan di-. Sedangkan kesalahan penulisan tanda baca meliputi kesalahan penggunaan tanda titik dan tanda koma. Kesalahan penggunaan diksi yang dilakukan siswa yaitu berupa kesalahan pemilihan kata yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Ejaan dan Diksi, Karangan Deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Nov 2018 01:07
Last Modified: 19 Nov 2018 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10474

Actions (login required)

View Item View Item