PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MS SMA NEGERI 1 KEDIRI

NOPRIADI, M. NAJAMUDIN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MS SMA NEGERI 1 KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Najamudin Nopriadi.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MS SMAN 1 Kediri yang berjumlah 44 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, dengan sampel penelitian kelas XI MS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MS 2 sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test pada materi laju reaksi. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (21,31) lebih rendah dari kelas kontrol (23,51) saat melakukan pre-test. Hasil post-test kelas eksperimen (65,91) lebih tinggi dari kelas kontrol (60,42). Hasil analisis data dengan uji gain-t diperoleh thitung (0,96) lebih rendah dari ttabel (1,68) pada taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukkan hipotesis nol (Ho) diterima, yang artinya model pembelajaran problem posing berbantuan media mind mapping tidak memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran problem posing, media mind mapping, hasil belajar.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Nov 2018 01:06
Last Modified: 19 Nov 2018 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item View Item