ANALISIS SEMIOTIKA PADA MANTRA TRADISI PRETUS DI DESA PUYUNG LOMBOK TENGAH DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Angelina, Magfira (2018) ANALISIS SEMIOTIKA PADA MANTRA TRADISI PRETUS DI DESA PUYUNG LOMBOK TENGAH DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL MAGFIRA ANGELINA (E1C014037).pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna mantra tradisi pretus di Desa Puyung Lombok Tengah dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dan mendeskripsikan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, rekam, catat, dan wawancara. Metode analisis data yang dilakukan, menggunakan bagan semiologi Roland Barthes dan disertai dengan metode deskriptif- kualitatif (menerjemahkan, identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi). Sehingga penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa, dalam mantra pretus memiliki tanda-tanda khas yang memiliki makna tersendiri. Dari enam mantra yang sudah dikelompokkan, mantra pretus memiliki dua fungsi yang berbeda, yakni mantra pretus sebagai teknik pengobatan penyakit karena arwah orang yang sudah meninggal dan mantra pretus sebagai teknik pengobatan penyakit karena diganggu oleh makhluk gaib (jin). Makna yang berhasil didapatkan dari beberapa tanda yang dikaitkan dengan mitos adalah hal-hal yang berhubungan dengan kepercayaan, tradisi, budaya, dan nila-nilai filsafah hidup yang bisa dijadikan sebagai pedoman kehidupan, bahwa tradisi pretus dapat dijadikan salah satu budaya. Oleh sebab itu, dapat dijadikan sebagai bagian dari pembelajaran sastra, khususnya materi puisi lama di kelas X SMA. Pendidikan sastra tentang puisi lama di sekolah sangat dibutuhkan, karena melalui pembelajaran tersebut, siswa dapat mengetahui sejarah tradisi maupun budaya daerah asal mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mantra Pretus, Semiotika, Pembelajaran Sastra di SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:06
Last Modified: 19 Nov 2018 09:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item