JURNAL SKRIPSI PENGGUNAAN GAME EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 7 RARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KHAIRUNNISAQ, BAIQ FATRATUL (2017) JURNAL SKRIPSI PENGGUNAAN GAME EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 7 RARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL BAIQ FATRATUL KHAIRUNNISAQ (E1E013004).pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bert ujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 7 Rarang pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan pemmbelajaran menggunakan Game Edukatif (Game Miskin). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan d alam dua siklus, setiap siklur terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi dan tahap refleksi. Cara pengumpulan data untuk hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir s iklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh skor 44 dengan katego ri aktif dan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat dengan perolehan skor 51 kategori sangat aktif. Demikian juga untuk aktivitas mengajar guru pada siklus I memperoleh skor 10 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat dengan skor 14 deng an kategori sangat baik. Untuk hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh rata - rata 55,39 dengan persentase ketuntasan klasikal 55,26% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata - rata 76,08 dengan ketuntasan klasikal 86,47%. Kesimpulan dari penelitia n ini adalah Penggunaan Game Edukatif (Game Miskin) dapat meningkatka

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Game Edukatif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Nov 2018 01:36
Last Modified: 24 Nov 2018 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10551

Actions (login required)

View Item View Item