PENGGUNAAN PROBIOTIK PADA PAKAN IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii). THE USE OF PROBIOTICS ON STAR POMFRET FISH DIET (Trachinotus blochii).

Hamdani, Hamdani (2018) PENGGUNAAN PROBIOTIK PADA PAKAN IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii). THE USE OF PROBIOTICS ON STAR POMFRET FISH DIET (Trachinotus blochii). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL REVISI.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik dengan dosis yang berbeda pada pakan terhadap pertumbuhan benih ikan bawal bintang (Trachinotus blochii). Penelitian ini dilaksanakan selama 30 hari yaitu pada tanggal 29 Januari sampai tanggal 2 Maret, 2018 yang bertempat di Bale Budidaya Laut Lombok Direktorat Jendral Perikanan Budidaya, Kementrian Kelautan dan Perikanan Stasiun Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu: P1 pemberian probiotik 25 ml/kg pakan sebagai kontrol, P2 pemberian probiotik 30 ml/kg pakan , P3 pemberian probiotik 35 ml/kg pakan, dan P4 pemberian probiotik 40 ml/kg pakan. Data yang diperoleh di analisa menggunakan analysis of variance (ANOVA) pada taraf yang nyata 5% dengan menggunakan program SPSS dan dilakukan uji lanjut Tukey dengan taraf nyata 5% untuk mengetahui perlakuan yang terbaik. Parameter yang diamati yaitu pertumbuhan berat mutlak, panjang mutlak, tingkat kelangsungan hidup dan kualitas air. Hasil penelitian

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): benih ikan bawal bintang, probiotik, pertumbuhan, kelangsungan hidup.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 24 Nov 2018 01:35
Last Modified: 24 Nov 2018 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10559

Actions (login required)

View Item View Item