LEGALITAS DAN EKSISTENSI TOKO EMAS DAN MUTIARA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2014 TENTANG PERDAGANGAN (STUDI DI KOTA MATARAM)

ARRAISI, HASBI (2018) LEGALITAS DAN EKSISTENSI TOKO EMAS DAN MUTIARA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2014 TENTANG PERDAGANGAN (STUDI DI KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Masalah di Kota Mataram (khususnya pelaku usaha Emas dan Mutiara) saat ini terkait dengan perizinan. Permasalahan tersebut dapat diklasifikasikan sebagai permasalahan legalitas dan terkait langsung dengan penataan substansi hukum, di samping masih terdapat permasalahan implementasi yang tidak dapat dilepaskan dari struktrur dan budaya hukum. Selanjutnya permasalahannya yaitu bagaimana legalitas usaha Toko Emas dan Mutiara di Kota Mataram menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan dan apakah yang menjadi kendala pelaku usaha tidak memiliki Surat Izin Usaha di Kota Mataram dan bagaimana untuk mengatasinya. Penelitian ini adalah penelitian emperis sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian di lapangan. Kesimpulan : 1) peraturan tentang izin yang berkaitan dengan usaha toko Emas dan Mutiara sudah diatur dengan jelas oleh Undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. 2) Pemerintah Kota Mataram telah membuat terobosan untuk mengatasi masalah perizinan di Kota Mataram. Saran untuk pemerintah Kota Mataram harus lebih giat lagi dalam mensosialisasikan tentang program- program yang telah dibuat tersebut kepada masyarakat luas dan membantu pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perizinan, Toko Emas dan Mutiara.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 24 Nov 2018 01:34
Last Modified: 24 Nov 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10573

Actions (login required)

View Item View Item