PENERAPAN M ODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASI L BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 02 BAJUR TAHUN PELAJARAN 201 6 /201 7

PRASTUTI, KALFIKA DEWI (2017) PENERAPAN M ODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASI L BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 02 BAJUR TAHUN PELAJARAN 201 6 /201 7. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
KALFIKA DEWI PRASTUTI.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilat a r belakangi oleh kurangnya penggunaan m odel pembelajaran yang inovatif dalam proses kegiatan belajar mengajar IPS, sehingga para siswa kurang bias memahami dan mengingat materi yang dipelajari. Keadaan tersebut berakibat pada hasil belajar siswa tahun ajaran 201 6 /201 7 dengan presentase ketuntasan klasikal siswa adalah 37,13 %. Nilai tersebut masih dibawah presentase minimal yaitu s ebesar 85% dengan KKM sebesar 7 0 . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V, ol eh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran Mind Mapping yang dapat diartikan sebagai suatu motif kerjasama. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Bajur dengan jumlah siswa 3 5 orang. Dengan siswa perempuan 20 dan 1 5 siswa laki - laki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): M odel Pembelajaran Mind Mapping , Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Nov 2018 01:51
Last Modified: 24 Nov 2018 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10591

Actions (login required)

View Item View Item