Harry Soeprianto, HS and Nyoman Sridana, NS (2018) Implementasi Penilaian Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 di SDK St Antonius Cakranegara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1 (1). pp. 7-11.
|
Text
Pak Harry ok.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Salah satu kesulitan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 adalah penilaian. Guru menyatakan mereka belum merancang, melaksanakan, mengelolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi guru adalah merumuskan indikator, menyusun butir butir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan menggunakan berbagai macam tehnik. Selain itu banyak guru yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian pendidikan karakter, karena belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian pendidikan karakter, kesulitan yang banyak dikeluhkan guru berkaitan dengan penilaian deskripsi capaian aspek sikap, selain itu guru maupun satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam melakukan pengolahan nilai, pemanfaatan dan pelaporannya. Memperhatikan permasalahan ini perlu mengimplementasikan panduan penilaian pendidikan karakter kurikulum 2013 di SDK ST Antonius Cakranegara agar dapat memudahkan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian aspek sikap.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci : Penilaian, Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Harry Soeprianto Soeprianto |
Date Deposited: | 24 Nov 2018 03:55 |
Last Modified: | 24 Nov 2018 03:55 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10596 |
Actions (login required)
View Item |