PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 34 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 201 6 /201 7

MAYANl, MAYANI (2017) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 34 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 201 6 /201 7. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
MAYANI.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 34 Cakranegara. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada sisw a kelas V dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) . Sementara itu metode yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti alur PTK, yang terdiri dari 2 siklus, dengan alur penyusunan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan ref leksi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu instrumen penilaian proses dan hasil serta hasil observasi guru untuk melihat sejauh mana tingkat penggunaan RPP yang telah digunakan peneliti. Penelitian membuktikan bahwa pembelajaran Bahasa Ind onesia dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa. Nilai rata - rata kelas hasil penilaian proses siswa pada siklus I yaitu sebesar 68,37 dengan ketuntasa belajar klasikal mencapai 52% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 Pada

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peningkatan, Kemampuan Berbicara, Bermain Peran (Role Playing)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:17
Last Modified: 27 Nov 2018 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10613

Actions (login required)

View Item View Item