KERAGAMAN MAKROFAUNA TANAH PADA LAHAN BUDIDAYA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) BERPESTISIDA SINTETIS DI PULAU LOMBOK DIVERSITY OF SOIL MACROFAUNA IN LAND PLANTING WITH ONION (Allium ascalonicum L.) USING SYNTHETIC PESTICIDES IN LOMBOK ISLAND

Nurdianto, Ahmad (2018) KERAGAMAN MAKROFAUNA TANAH PADA LAHAN BUDIDAYA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) BERPESTISIDA SINTETIS DI PULAU LOMBOK DIVERSITY OF SOIL MACROFAUNA IN LAND PLANTING WITH ONION (Allium ascalonicum L.) USING SYNTHETIC PESTICIDES IN LOMBOK ISLAND. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH AHMAD NURDIANTO BARUU.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan keragaman makrofauna tanah di beberapa lahan sentral penanaman bawang merah berpestisida sintetis di Pulau Lombok. Percobaan dilakukan di lahan penanaman bawang merah di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Barat dan analisis karateristik tanah dilakukan di Laboratorium Biologi dan Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram dari bulan Januari sampai bulan Mei 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-eksploratif dengan menganalisis beberapa sifat biologi, kimia dan fisika tanah serta menganalisis keragaman makrofauna tanah dengan tehnik hand sorting. Pengambilan sampel tanah dilakukan secara acak pada plot pertanaman dengan ukuran 30x30x20 cm3. Untuk setiap lokasi diambil 3 titik sampel secara diagonal yang kemudian dikompositkan untuk diuji karateristik tanahnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman makrofauna tanah ditentukan oleh karateristik tanah yang dimiliki oleh masing-masing lahan. Keragaman jenis makrofauna tanah lahan bawang merah Kabupaten Lombok Barat lebih tinggi dibandingkan keragaman makrofauna tanah lahan yang terdapat di Kabupaten Lombok Timur. Rendahnya keragaman jenis makrofauna tanah di Kabupaten Lombok Timur (Suela dan Sembalun) disebabkan oleh rendahnya kadar air tanah dan tekstur tanah yang pasir berlempung serta tingginya intensitas penggunaan pestisida sintetis pada lahan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): he diversity, soil macrofauna, synthetic pesticide, onion.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:08
Last Modified: 27 Nov 2018 00:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item