PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK - TALK - WRITE (BERPIKIR - BERBICARA - MENULIS) DENGAN BANTUA N MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN SEGANTENG KEC. BATUKLIANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KHAIRURROZIKIN, M UHAMMAD (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK - TALK - WRITE (BERPIKIR - BERBICARA - MENULIS) DENGAN BANTUA N MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN SEGANTENG KEC. BATUKLIANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD KHAIRURROZIKIN.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Seganteng. Rendahnya nilai rata - rata siswa disebabkan oleh kuragnya minat siswa dalam pembelajaran menulis. Hal ini disebabkan ka rena siswa malas menulis, siswa kurang bisa berimajinasi, menganggap pembelajaran menulis tidak penting dan pemberdayaan kata yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui penerapan metode pembelajaran Think - Talk - Write dengan bantuan media gambar berseri pada siswa kelas IV SDN Seganteng tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85% > 70 (berd asarkan KKM). Hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Seganteng. Pada siklus I, rata - rata nilai yang diperoleh siswa ad alah 74,23 dengan presentasi ketuntasan 76,92%. Sedangkan pada siklus II rata - rata nilai yang diperoleh adalah 78,92 dengan presentasi ketuntasan 89,28%. Berdasarkan hasil terseb

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran Think - Talk - Write, Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:12
Last Modified: 27 Nov 2018 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item