PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 8 CAKRANEGARA TAHUN 2017/2018

Hatimatuzzahra, Hatimatuzzahra (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 8 CAKRANEGARA TAHUN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI-Merged.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Tipe Percontohan Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 8 Cakranegara Tahun 2017/2018. Penelitian ini dilatar belakangi kurang tertariknya siswa dalam pembelajaran IPS dikarenakan materi yang terlalu luas serta penanaman nilai- nilai yang kurang diberikan oleh guru sehingga hasil belajar kurang optimal. Desain dalam penelitian ini yaitu quasi eksperiment tipe non equivalen group desain. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III di SDN 8 Cakranegara yang berjumlah 47 orang siswa dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh di mana kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 47 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitan ini adalah menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 60,69 dan pre- test kelas kontrol sebesar 62,50 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 84,00 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 75,66. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t (t-test) polled varians dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil hiutng analisis statistik t-test diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 3.31 > 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukan bahwa dinyatakan ditolak dan dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran value clarification technique (vct) tipe percontohan terhadap hasil belajar IPS siswa tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Value Clarification Tecnique (VCT) Tipe Percontohan, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:02
Last Modified: 27 Nov 2018 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item