PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.) YANG DITANAM SETELAH TANAMAN PADI DAN SETELAH BERO

Ainun, Ainun (2018) PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.) YANG DITANAM SETELAH TANAMAN PADI DAN SETELAH BERO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil dua varietas tanaman gandum yang ditanam setelah tanaman padi dan setelah bero. Percobaan dilaksanakan pada bulan Juli-September 2016, di Desa Santong, Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor, pertama: varietas yang terdiri dari Nias (N) dan Gladius (G), kedua: tanaman sebelumnya dalam sistem rotasi yaitu Padi dan Bero, dalam enam ulangan. Data pengamatan dianalisis dengan Anova taraf 5 %, untuk parameter yang signifikan diuji lanjut dengan uji BNJ 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa varietas Nias memberikan hasil yang lebih tinggi (2.89 ton/ha) dibandingkan varietas Gladius (2.32 ton/ha). Varietas Nias memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, serta tinggi tanaman, berat brangkasan kering, dan jumlah biji/m2 yang lebih tinggi dibandingkan Gladius, tetapi berat 100 butir biji lebih rendah dari Gladius. Penanaman gandum setelah tanaman padi dan setelah bero memberikan hasil yang hampir sama. Tanaman setelah bero memiliki tinggi tanaman lebih tinggi dibandingkan tanaman setelah padi pada umur 28 dan 42 hst.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Varietas gandum, penanaman setelah, padi, Bero.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:02
Last Modified: 27 Nov 2018 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item