HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 AMPENAN TAHUN AJARAN 2016/2017

JANNAH, RAUDATUL (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 AMPENAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Raudatul Jannah 2.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN gugus 1 Ampenan Tahun Ajaran 2016/2017. Kecerdasan emosional yang dimaksud yaitu kemampuan seseorang memahami emosi diri sendiri, mengenali emosi diri sendiri, memotivasi diri, memaha m i emosi orang lain dan membina hubungan . Jenis p enelitian yang digunaka n adalah p enelitian kuantitatif dengan metode korelasional . Metode pengumpulan data yang digun akan adalah metode angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis data menggunakan product moment dengan df= 213 pada taraf signifikansi 5% , menunjukkan h asil bahwa 0,407 (r hitung ) > 0,138 r tabel M aka yang diajukan ditolak dan sebaliknya (hipotesis alternatif) diterima. K ontribusi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS siswa yaitu sebesar 16,5% . Maka dapat disimpulkan terdapat h ubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional deng

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Emosional , Has i l Belajar IPS .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:02
Last Modified: 27 Nov 2018 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10697

Actions (login required)

View Item View Item