MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN PADA SISWA KELAS III SDN 02 GERIMAK INDAH KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Marselina, Seni (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN PADA SISWA KELAS III SDN 02 GERIMAK INDAH KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Seni Marselina.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran PPKn siswa kelas III SDN 2 Gerimak Indah, dimana ketuntasan belajar baru mencapai 39,21%. T ujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn dengan menerapkan pembelajaran model Value Clarification Tehnique tipe percontohan pada siswa kelas III SDN 2 Gerimak In dah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana indicator keberhasilan tercapai pada siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi . D ata hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis , a ktivitas guru dan aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi. H asil penelitian menunjukkan pada siklus I skor aktivitas guru sebesar 22 dengan persentase 68,75 berkategori cukup baik , s edang kan skor aktivitas siswa sebesar 41 dengan persentase 64,06 kategori cukup aktif. H asil belajar siswa memperoleh nilai rata - rata 68,48 dengan ketuntasan klasikal 68,62% . Pada penelitian siklus II mengalami peningkatan skor aktivitas guru yaitu 28 dengan pe rsentase 87,5% berkategori baik, sedangk

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar PPKn , Model VCT Tipe Percontohan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:00
Last Modified: 27 Nov 2018 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10709

Actions (login required)

View Item View Item