PERGAULAN ANAK YANG ORANGTUA SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) (Kasus di Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat)

Fatika, Baiq Deria Ayuning (2018) PERGAULAN ANAK YANG ORANGTUA SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) (Kasus di Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1). Bagaimana pergaulan anak yang orang tua sebagai TKI? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pergaulan anak, dampak pergaulan anak dan penyebab pergaulan anak yang ditinggal orang tua sebagai TKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Penelitian ini menggunakan analisis paradigma definisi sosial dengan teori tindakan rasionalitas dalam menggali pergaulan anak yang orang tuanya sebagai TKI. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Gelogor Kabupaten Lombok Barat, di Desa Gelogor Kecamatan Kediri. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria. Terdiri dari anak yang ditinggal orang tua bekerja sebagai TKI, orang tua asuh anak dan masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk pergaulan anak yang orang tua sebagai TKI meliputi (a) bentuk pergaulan anak di lingkungan harian yang terdapat bentuk pergaulan dalam bermain game, geng motor, pacaran, minum- minuman keras, nongkrong sampai malam dan cara berbicara. (b) bentuk pergaulan anak di lingkungan pendidikan yang terdapat motivasi belajar, prestasi dan malas masuk sekolah. (c) bentuk pergaulan anak di lingkungan agama yang terdapat rajin dan malas saat shalat dan mengaji. (2) dampak pergaulan anak yang orang tua bekerja sebagai TKI meliputi (a) dampak pergaulan anak berdasarkan periode waktu yang terdapat anak yang ditinggalkan orang tua bekerja sebagai TKI selama < 10 tahun dan > 10 tahun. (b) dampak pergaulan anak berdasarkan jenis anggota keluarga yang bekerja sebagai TKI yang terdapat anak yang ditinggalkan ayah bekerja sebagai TKI, anak yang ditinggalkan ibu bekerja sebagai TKI dan anak yang ditinggalkan kedua orang tua yang bekerja sebagai TKI. (3) penyebab pergaulan anak yang ditinggalkan orang tua bekerja sebagai TKI meliputi (a) lemahnya fungsi afeksi orang tua pengganti (b) lemahnya fungsi sosialisasi orang tua pengganti (c) lemahnya fungsi edukasi orang tua pengganti (d) lemahnya fungsi proteksi orang tua pengganti (e) lemahnya fungsi rekreasi orang tua pengganti. Kata Kunci : TKI, Pergaulan anak

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TKI, Pergaulan anak
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:59
Last Modified: 27 Nov 2018 05:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item