PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V DI SD GUGUS 1 SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Areka, Dika (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V DI SD GUGUS 1 SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal utuh.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap kemampuan berpikir kriis siswa pada pembelajaran PKn kelas V di SD gugus 1 Sandubaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mencapai tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen tipe quasi nonequivalent control group design. Dalam melaksanakan rancangan penelitian tersebut, penentuan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol ditentukan dengan memerhatikan tingkat kesetaraan. Skor pre dan post- test kemampuan berpikir kritis siswa pada penelitian ini diuji menggunakan teknik analisis kovarian dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan uji kolomogrov smirnov dan uji homogenitas menggunakan Uji Levene. Melalui uji statistik tersebut diketahui bahwa pada taraf kepercayaan 95%, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap kemampuan berpikir kriis siswa pada pembelajaran PKn kelas V di SD gugus 1 Sandubaya Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan effect size seesar 0.216. Hasil penelitian tersebut berkesesuain dengan teori-teori relevan yang menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share mampu melatih kegiatan-kegiatan belajar yang menunjang perkembbangan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif tipe think-pair-share, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:59
Last Modified: 27 Nov 2018 05:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10729

Actions (login required)

View Item View Item