IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BENIH KEDELAI DI BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) NARMADA

ARSI, MIA JUNI (2018) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BENIH KEDELAI DI BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH BENIH KEDELAI.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan benih kedelai di balai pengkajian teknologi pertanian (BPTP) Narmada. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan benih kedelai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di pulau Lombok, yakni di bagian Lombok Tengah. Penelitian daerah tersebut menggunakan “purposive sampling” dengan pertimbangan bahwa pada daerah tersebut terdapat permintaan benih kedelai hasil kegiatan kerja sama perbenihan dikabupaten Lombok Tengah pada MK I 2017. Responden dalam penelitian ini adalah petani yang menjadi konsumen pada permintaan benih kedelai di BPTP. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik “survei“. Hal ini dilakukan karena jumlah populasi yang akan diteliti kecil atau kurang dari 30, dimana semua anggota dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan benih kedelai di BPTP antara lain Kualitas benih (berdasarkan kualitasnya benih bersih tidak tercampur dengan jumlah sebanyak 11 orang, harga benih itu sendiri (dimana harga benih relatif murah yaitu sebesar Rp 15.000), luas lahan, pendapatan petani ( rata-rata pendapatan petani benih kedelai sebanyak Rp 3.562.181), dan selera petani.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): identifikasi faktor-faktor Permintaan benih kedelai
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:58
Last Modified: 27 Nov 2018 05:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10741

Actions (login required)

View Item View Item