KHAIRI, HIKMATUL (2017) PENERAPAN METODE CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 01 SANTONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
JURNAL SKRIPSI HARRY.docx Download (104kB) |
Abstract
Masalahpenelitianiniadalahrendahnyaaktifitasdanhasilbelajar IPAsiswakelas V SND 01 Santong. Penelitiaaninibertujuanuntukmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajarsiswakelas V SDN 01 Santongpadamatapelajaran IPA denganmenerapkanmetodeCircuit Learning.Jenispenelitiaan yang digunakanadalahPenelitiaanTindakanKelas yang dilaksanakandalam 2 siklus, setiapsiklusterdiridari 4 tahapanyaituperencanan, tahappelaksanaan, tahapobservasidanevaluasidantahaprefleksi. Cara pengumpulan data untukhasilbelajarsiswadikumpulkanmelaluitestertulis yang diberikanpadasetiapakhirsiklus, sedangkanuntukaktivitas guru dansiswadiambilmelaluilembarobservasi.Berdasarkanhasilpenelitiaandiperoleh data peningkatankualitas proses pelaksanaanpembelajaranyakniuntukaktivitasmengajar guru siklus I memperolehskor 19 dengankategoribaikdanpadasiklus II aktivitasmengajar guru meningkatdenganperolehanskor 24 kategorisangatbaik. Demikianjugauntukaktivitasbelajarsiswapadasiklus I memperolehskor 41 dengankategoricukupaktifdanpadasiklusduameningkatdenganmemperolehskor 63 kategorisangataktif.Untukprestasibelajarsiswadiperolehnilai rata-rata padasiklus I sebesar 68,23 denganpersentaseketuntasanklasikal 76,66% danmeningkatpadasiklus II dengannilai rata-rata 89 denganpersentaseketuntasanklasikal 96,66%. KesimpulandaripenelitiaaniniadalahpenerapanmetodeCircuit Learning dapatmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajar IPA siswakelas V SDN 01 Santongtahunpelajaran 2013/2014. Kata-kata kunci: Circuit Learning, Aktivitas, HasilBelajar, IPA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Circuit Learning, Aktivitas, HasilBelajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 28 Nov 2018 02:25 |
Last Modified: | 28 Nov 2018 02:25 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10755 |
Actions (login required)
View Item |