PENDUGAAN KERAGAMAN GENETIK DAN NILAI HERITABILITAS PADA KETURUNAN KEDUA (F2) HASIL PERSILANGAN PAPRIKA (Capsicum annuum var-grossum) DENGAN CABAI MERAH (Capsicum annuum)

Anugrah, Lina Tri (2018) PENDUGAAN KERAGAMAN GENETIK DAN NILAI HERITABILITAS PADA KETURUNAN KEDUA (F2) HASIL PERSILANGAN PAPRIKA (Capsicum annuum var-grossum) DENGAN CABAI MERAH (Capsicum annuum). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menduga besarnya keragaman genetik dan nilai heritabilitas pada keturunan kedua (F2) hasil persilangan paprika(Capsicum annuum var-grossum) dengan cabai merah (Capsicum annum). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februati 2018 sampai bulan Juni 2018 di Kebun Koleksi dan Hibridisasi, Kelurahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan yaitu P1= tetua betina (paprika), P2 = tetua jantan (cabai merah), F1= keturunan pertama hasil persilangan paprika dengan cabai merah dan F2 = keturunan kedua hasil persilangan paprika dan cabai merah. P1, P2 dan F1 diulang sebanyak 5 kali, dan F2 diulang sebanyak 25 kali sehingga dihasilkan 40 unit percobaan. Pendugaan keragaman genetik diperoleh dengan menganalisis koefesien keragaman genetik. Heritabilitas arti sempit dihitung menggunakan analisis regresi yang memanfaatkan data tetua dan keturunannya. Heritabilitas arti luas dianalisis dengan analisis keragaman. Nilai heritabilitas arti luas dan heritabilitas arti sempit memiliki nilai beragam pada sifat yang diamati. Koefesien keragaman genetik yang paling tinggi pada sifat tinggi tanaman sebesar 51,256% dan rendah pada sifat umur panen 1,273%. Nilai heritabilitas arti sempit berkisar antara 0,028 sampai 0,46. Sifat yang tergolong heritabilitas arti sempit sedang yaitu jumlah bunga, jumlah cabang, jumlah cabang produktif, jumlah buah keselurruhan, bobot buah dan panjang buah, sedangkan sifat yang memiliki nilai heritabilitas arti sempit rendah yaitu pada sifat umur panen. Nilai heritabilitas arti luas berkisar antara 0,028 sampai 0,903. Nilai tertinggi didapatkan pada sifat tinggi tanaman, sedangkan nilai terendah didapatkan pada sifat umur panen. Sifat-sifat yang tergolong nilai heritabilitas arti luas tinggi yaitu tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah cabang dan panjang buah. Sifat yang tergolong heritabilitas arti luas sedang yaitu diameter batang, jumlah cabang produktif dan jumlah buah keseluruhan. Sifat yang tergolong heritabilitas arti luas rendah yaitu jumlah bunga, umur panen dan bobot buah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Paprika, Cabai merah, Keragaman Genetik, Heritabilitas.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:23
Last Modified: 28 Nov 2018 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10768

Actions (login required)

View Item View Item