ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI JAMBU METE DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

CITTA, MILA LESTARI METTA (2018) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI JAMBU METE DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Mila Fix.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui tingkat kelayakan usahatani jambu mete; (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman bagi usahatani jambu mete di Kecamatan Bayan, Lombok Utara; (3) Merumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan usahatani jambu mete di Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode deskriptif. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive sampling, sedangkan penentuan responden dilakukan secara quota sampling. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Metode kuantitatif dilakukan untuk menghitung kelayakan usahatani jambu mete di lokasi penelitian. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis dan menyusun strategi pengembangan usahatani. Data dianalisis menggunakan analisis kelayakan (Net Present Value dan Profitability Ratio), Analisis SWOT, dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) usahatani jambu mete memiliki prospek yang baik dari segi finansial, yang dilihat dari nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp.1.025.740.551,05/LLG dan Rp.616.304.455,15/ha (lebih besar dari 0 berarti layak). Nilai Profitability Ratio (PR) sebesar 8,98, sehingga berdasarkan kriteria dari PR, jika lebih besar dari 1 maka proyek dikatakan layak untuk dikembangkan; 2) Faktor Internal (Kekuatan : Keuntungan Usahatani Yang Tinggi, Pengalaman Usahatani Tinggi, Tumbuh Baik Pada Lahan Marginal, Kualitas Produk Baik, dan Umur Tanaman Masih Produktf. Kelemahan : Teknis Budidaya Rendah, Penggunaan Tenaga Kerja Banyak, Memerlukan Lahan Yang Luas). Faktor Eksternal (Peluang : Permintaan Produk Tinggi, Dukungan Pemerintah Tinggi, Ketersediaan Tenaga Kerja, dan Mudahnnya Akses Permodalan. Ancaman: Ketidakpastian Cuaca dan Iklim, Hewan Pengganggu, dan Penyakit Tanaman); 3) Strategi pengembangan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Kelayakan Usaha (Net Present Value dan Profitability Ratio), Faktor Internal dan Faktor Eksternal (Analisis SWOT), Analytical Hierarchy Process (AHP), Strategi Pengembangan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:44
Last Modified: 30 Nov 2018 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10791

Actions (login required)

View Item View Item