ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MATARAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATERI POKOK LINGKARAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PUTRI, YASINTA ARMITA (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MATARAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATERI POKOK LINGKARAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Yasinta Armita Putri.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan serta penyebab yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram dalam menyelesaikan materi pokok Lingkaran berdasarkan kriteria jenis kesalahan Hadar. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif, dan sampel dalam penelitian ini adalah 10% dari populasi yaitu 15 siswa, yang terbagi menjadi tiga klasifikasi yaitu 4 siswa berkemampuan matematika tinggi, 8 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 6 siswa berkemampuan matematika rendah. Data pada penelitian ini merupakan data tertulis dari hasil tes siswa dan hasil wawancara siswa. Data hasil tes dianalisis untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan berdasarkan kriteria jenis kesalahan Hadar dan hasil wawancara dianalisis untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jenis kesalahan menurut kriteria Hadar dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan menggunakan data sebesar 59,85%, kesalahan interprestasi bahasa sebesar 33,47%, kesalahan penarikan kesimpulan sebesar 46,39%, kesalahan menggunakan definisi atau teorema sebesar 58,46%, dan kesalahan teknis sebesar 56,96%. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa salah dalam menhitung, siswa tidak memahami maksud soal, sehingga siswa tidak mampu membuat rencana penyelesaian masalah pada soal dan menyebabkan siswa tidak tahu prosedur, rumus, dan data yang harus digunakan serta siswa belum menguasai konsep materi pokok Lingkaran secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kesalahan; jenis-jenis kesalahan kriteria Hadar, materi pokok lingkaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:43
Last Modified: 30 Nov 2018 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item