KANDUNGAN NILAI NUTRISI LIMBAH JAGUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BOBOT BADAN SAPI DI KECAMATAN LABANGKA SUMBAWA (STUDI KASUS)

PUTRA, SONI INSANI (2018) KANDUNGAN NILAI NUTRISI LIMBAH JAGUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BOBOT BADAN SAPI DI KECAMATAN LABANGKA SUMBAWA (STUDI KASUS). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SONI INSANI PUTRA (B1D014251).pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan gizi limbah jagung yang digunakan untuk pakan sapi di Kecamatan Labangka dan dampaknya terhadap peningkatan bobot badan sapi. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah ternak sapi dan juga limbah tanaman jagung yang digunakan untuk pakan sapi. Pengambilan sampel dengan metode simple random sampling, menentukan jumlah responden dengan menggunakan metode Purposive Random Sampling, dengan menggunakan rumus Slovin Data tersebut terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer mencakup informasi tentang lahan pertanian jagung yang meliputi obyek penelitian, luas tanam jagung, luas panen, dan produksi limbah jagung yang dihasilkan. Selain itu, data primer dapat diperoleh dengan melakukan wawancara kepada para petani menggunakan kuisioner yang sudah disiapkan oleh peneliti. Data sekunder dikumpulkan berupa data mengenai luas lahan pertanian, luas lahan areal tanaman jagung yang diperoleh dari dinas atau instansi terkait. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengambil sampel dari limbah tanaman jagung secara acak. Data hasil pengamatan dianalisis Aritmatik dan standar Deviasi (Mean ± SD). Variabel yang diamati adalah kandungan gizi limbah jagung dan pengaruh terhadap pertambahan bobot badan ternak. Hasil dari penelitian ini yaitu kandungan gizi limbah jagung di Kecamatan Labangka adalah BK 30,8%; PK 4,5%; LK 0,2%; SK 33,4%; Abu 12,6%; BETN 66,4% dan TDN 53,2%. Persentase pemberian limbah jagung sebesar 67% belum mampu memenuhi kebutuhan pokok ternak sapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Limbah Jagung, Kandungan Gizi Limbah Jagung, Pertambahan Bobot Badan Sapi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:42
Last Modified: 30 Nov 2018 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10824

Actions (login required)

View Item View Item