Pengaruh Lama Perendaman dalam Larutan NaCl dan Lama Pengeringan terhadap Mutu Tepung Talas Belitung (Xanthosoma sagittifolium)

Suharti, Suci (2018) Pengaruh Lama Perendaman dalam Larutan NaCl dan Lama Pengeringan terhadap Mutu Tepung Talas Belitung (Xanthosoma sagittifolium). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel suci.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama perendaman dalam larutan NaCl dan lama pengeringan terhadap mutu tepung talas belitung (xanthosoma sagittifolium). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) menggunakan 2 faktor yaitu faktor lama perendaman dalam larutan NaCl (0 menit, 30 menit, dan 60 menit) dan faktor lama pengeringan (3 jam, 4 jam dan 5 jam) yang terdiri dari 9 perlakuan dan 3 ulangan. Adapun parameter yang diamati meliputi parameter kimia (kadar air, kadar abu, kadar pati, kadar kalsium oksalat, dan kadar serat kasar) dan parameter fisik (rendemen, densitas kamba dan warna nilai L*). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis keragaman pada taraf nyata 5% dan apabila terdapat beda nyata maka diuji lanjut menggunakan uji Duncan Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan lama perendaman dalam larutan NaCl memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap parameter kimia (kadar air, kadar abu, kadar pati, kadar kalsium oksalat, kadar serat kasar) dan parameter fisik (rendemen, densitas kamba, warna nilai L*). Perlakuan lama pengeringan memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap parameter kimia (kadar air, kadar abu, kadar pati, kadar kalsium oksalat, kadar serat kasar) dan parameter fisik (rendemen dan densitas kamba). Interaksi antara lama perendaman dalam larutan NaCl dengan lama pengeringan memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kadar kalsium oksalat. Perlakuan terbaik yaitu lama perendaman dalam larutan NaCl 60 menit dan lama pengeringan 5 jam atau L3P3 dengan kadar air 3,56%, kadar abu 1,31%, kadar pati 64,36%, kadar kalsium oksalat 337,82 mg/100g, kadar serat kasar 2,5%, rendemen 19,31%, densitas kamba 0,71 g/ml, dan warna nilai L* 92,28 yang telah memenuhi syarat SNI mutu tepung singkong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lama Perendaman, Lama Pengeringan, NaCl, Talas Belitung, Tepung.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:42
Last Modified: 30 Nov 2018 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10825

Actions (login required)

View Item View Item