PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 21 MATARAM TERHADAP MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI

SANTOSO, RIRIN SEPTYANA (2018) PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 21 MATARAM TERHADAP MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL RIRIN.pdf

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 21 Mataram terhadap kemampuan menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram berjumlah 70 siswa. Data dari hasil penelitian ini diperoleh melalui tes gaya kognitif, angket motivasi belajar dan tes kemampuan menyelesaikan soal geometri. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif terhadap kemampuan menyelesaikan soal geometri siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram, dengan pengaruh sebesar 5,6%; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal geometri siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram; dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif dan motivasi belajar (secara bersama-sama) terhadap kemampuan menyelesaikan soal geometri siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram, dengan pengaruh sebesar 10,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gaya kognitif, motivasi belajar, kemampuan menyelesaikan soal geometri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:42
Last Modified: 30 Nov 2018 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10829

Actions (login required)

View Item View Item