PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SSISWA KELAS III SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013

WARDHANI, NI PUTU AYU (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SSISWA KELAS III SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RANGKUMAN SKRIPSI AYU.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 11 Cakranegara, kecamatan Cakranegara kota Mataram pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. 2. Subyek dan Observer Penelitian Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 11 Cakranegara yang berjumlah 29 orang (18 laki-laki dan 11 perempuan). Obyek penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar sains pada kompetensi dasar mengenai macam energi dan sumber beserta penggunaannya. Sedangkan observer penelitian adalah guru kelas III SDN 11 Cakranegara. 3. Faktor yang Diteliti Faktor yang diteliti adalah kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sains menggunakan media flash card serta aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan media flash card. 4. Variabel Penelitian Variabel harapan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa sedangkan, Variabel tindakan penelitian ini adalah penggunaan media flash card. 5. Rancangan dan Langkah-langkah Penelitian Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam bentuk implementasi rancangan pembelajaran sebanyak 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dalam satu kali pertemuan terdiri dari (2x35menit) disesuaikan dengan materi. Penelitian ini akan dihentikan apabila aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA (Sains) sudah meningkat, yaitu untuk aktivitas belajar siswa minimal berkategorikan aktif dan hasil belajar siswa memenuhi nilai ≥ 65 sebanyak ≥ 85% dari keseluruhan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penerapan media flash card
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:41
Last Modified: 30 Nov 2018 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10867

Actions (login required)

View Item View Item