ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FARDIATIN, IIN (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan, tingkat kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan metode analisis kesalahan Newman yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa dengan teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, diperoleh bahwa siswa melakukan kesalahan pada semua jenis kesalahan berdasarkan analisis kesalahan Newman, yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Dari hasil analisis diperoleh tingkat kesalahan dilakukan siswa pada jenis kesalahan penulisan jawaban dan keterampilan proses berada pada kategori sedang dengan persentase berturut-turut 55,47% dan 48,31%. Untuk jenis kesalahan memahami masalah dan kesalahan transformasi berada pada kategori rendah dengan persentase berturut-turut 33,98% dan 31,68%. Sedangkan untuk jenis kesalahan membaca berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 15,89%. Penyebab siswa melakukan kesalahan adalah : (a) tidak memahami maksud soal yang ditanyakan; (b) siswa tidak menguasai materi prasyarat; (c) tidak teliti dalam membaca soal, menuliskan jawaban, ataupun dalam melakukan perhitungan; (d) siswa tidak terbiasa dengan menjawab sesuai prosedur yang telah ditentukan sebelumnya; (e) lupa dengan rumus dan langkah-langkah penyelesaian; (f) keinginan menjawab singkat atau tergesa-gesa dalam menjawab.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesalahan, Kesalahan Siswa Berdasarkan Klasifikasi Newman, Lingkaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:41
Last Modified: 30 Nov 2018 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item