PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR BERBICARA MENULIS (THINK TALK WRITE) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MINYAK BUMI SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 GERUNG

MUSWARA, ANANG ANDIKA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR BERBICARA MENULIS (THINK TALK WRITE) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MINYAK BUMI SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ANANG ANDIKA MUSWARA (E1M014003).pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir berbicara menulis (Think Talk Write) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar materi minyak bumi siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimental design dalam bentuk pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gerung. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran berpikir berbicara menulis (think talk write) berbantuan multimedia, sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan gain uji-t. Hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (2,1) > ttabel (1,684). Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74.39 dengan ketuntasan klasikal sebesar 51,51% lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 68.33 dengan ketuntasan klasikal 48.48%.. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berpikir berbicara menulis (think talk write) berbantuan multimedia memberikan pengaruh yang lebih baik pada hasil belajar minyak bumi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gerung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran berpikir berbicara menulis (Think Talk Write), media multimedia dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:41
Last Modified: 30 Nov 2018 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10878

Actions (login required)

View Item View Item