KAJIAN PENDAPATAN RUMAHTANGGA PETANI BERBASIS KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF KAWASAN GEOPARK AIR TERJUN BENANG STOKEL DAN AIR TERJUN BENANG KELAMBU DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

RAMLI, AHMAD (2018) KAJIAN PENDAPATAN RUMAHTANGGA PETANI BERBASIS KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF KAWASAN GEOPARK AIR TERJUN BENANG STOKEL DAN AIR TERJUN BENANG KELAMBU DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL..pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengindentifikasi berbagai kegiatan ekonomi produktif keluarga petani, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pendapatan rumahtangga petani dalam kegiatan ekonomi produktif, 3) Untuk mengetahu masalah dan hambatan yang dihadapi keluarga petani yang bekerja di sektor pariwisata Geopark Air Terjun benang Stokel dan Air Terju Benang Kelambu di Kabupaten Lombok Tengah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder, Jenis data yang digunakan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara kabupaten Lombok Tengah. Daerah penelitian ini ditentukan secara Purposive Sampling atas dasar lokasi tersebut terdapat Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Kelambu Jumlah responden ditentukan secara “Quota Sampling” sebayak 30 responden. Penentuan masing-masing responden di lakukan dengan cara “Accidental Sampling” yaitu penentuan sampel secara sengaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Jenis kegiatan ekonomi produktif yang dilakukan oleh responden atau keluarga petani di kawasan Geopark Air Terjun Benang Setokel dan Air Terjun Benang Kelambu Kabupaten Lombok Tengah yaitu adanya, Pedagang, pemandu wisata (guide), Porter (pengantar barang) menuju TNGR, Ojek, Buruh Bangunan, Usahatani, Perkebunan, dan Peternakan. 2) Pendapatan rumahtangga petani dari kegiatan ekonomi produktif yaitu sebesar Rp 23.159.108,77 atau 45.35 %, sedangkan pendapatan dari kegiatan ekonomi produktif diluar kawasan pariwisata yaitu sebesar Rp 27.905.668,33 /tahun atau 52,49 % dengan total pendapatan rumahtangga petani sebesar Rp 51.064.77,10 /tahun yang diperoleh dari total rata-rata pendapatan dari kegiatan, Berdagang, Porter, Guide, Ojek, Buruh Bangunan, Usahatani, Perkebunan, dan Peternakan. 3) Masalah yang dihadapi oleh pelaku kegiatan ekonomi produktif adalah sempitnya areal berjualan khususnya para pedagang yang berada di kawasan Air Terjun Benang dikarenakan adanya komplik penggunaan lahan antara para pedagang sekaligus pemilik lahan dengan pihak pengelola.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, perkebunan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:41
Last Modified: 30 Nov 2018 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item