PERANAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DALAM KETERSEDIAAN PANGAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP EKONOMI RUMAH TANGGA DI KOTA MATARAM

Ramadani, Pratiwi (2018) PERANAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DALAM KETERSEDIAAN PANGAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP EKONOMI RUMAH TANGGA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH Pratiwi Ramadani C1G014186.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi ragam tanaman dan ternak yang diusahakan dalam program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kota Mataram; (2) Mengkaji kontribusi hasil dari program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) terhadap konsumsi dan pendapatan rumah tangga di Kota Mataram; dan (3) Mengkaji tingkat kerentanan pangan rumah tangga wanita tani peserta program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif dengan teknik survey dengan unit analisis adalah kelompok wanita tani peserta program KRPL di Kota Mataram Adapun kecamatan sampel dipilih secara propursive sampling yaitu Kecamatan Selaparang, Kecamatan Ampenan, dan Kecamatan Mataram. Dari populasi sebesar 125 orang peserta KRPL ditetapkan sejumlah 60 orang responden dengan menggunakan rumus slovin. Kemudian jumlah responden setiap kelurahan ditetapkan secara quota samping masing masing sebanyak 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Jenis tanaman dan ternak yang dibudidayakan pada program KRPL sebanyak 10 jenis tanaman terdiri atas cabe, tomat, terong, sawi, bayam, pare, mangkok, kangkung, selada, dan saledri serta satu jenis ternak ikan yaitu lele yang hanya terdapat di Kelurahan Banjar Kecamatan Ampenan. ; (2) Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) memberikan kontribusi sebesar 10% atau Rp.430.000 dari total pendapatan rumah tangga peserta KRPL di Kota Mataram.; (3) Tingkat Kerentanan pangan rumah tangga petani Peserta KRPL di Kota Mataram masuk kedalam kategori rawan pangan sebanyak 47 orang (78%). Tahan pangan sebanyak 1 orang (1,66%). Rentan pangan sebanyak 2 orang (3,33%). Sedangkan kurang pangan sebanyak 10 orang (16,67%). Artinya petani responden program Kawan Rumah Pangan Lestari (KRPL) termasuk masyarakat miskin sehingga rata- rata termasuk dalam kategori rawan pangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KRPL; Pangan; Peranan;
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:40
Last Modified: 30 Nov 2018 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item View Item