UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DAN ANALISIS KIMIA DAUN TUMBUHAN KUMBI (Voacanga foetida (B.I) Rolfe) DARI DESA TETE BATU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Ditya, Vina Yada (2018) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DAN ANALISIS KIMIA DAUN TUMBUHAN KUMBI (Voacanga foetida (B.I) Rolfe) DARI DESA TETE BATU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
VINA JURNAL FIKS INI.pdf

Download (814kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang uji aktivitas antibakteri dan analisis kimia daun tumbuhan kumbi (Voacanga foetida (BI.) Rolfe) dari Desa Tete Batu Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antibakteri pada setiap ekstrak daun kumbi (ekstrak kental metanol, fraksi asam dan fraksi basa), serta menganalisis senyawa dengan menggunakan metode GC-MS. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan meliputi, persiapan sampel, ektraksi sampel dengan maserasi dan ekstraksi asam basa, uji fitokimia, uji aktivitas bakteri, serta analisis senyawa menggunakan metode GC-MS. Uji aktivitas antibakteri untuk setiap fraksi daun kumbi dengan konsentrasi (1000 ppm, 100 ppm dan 10 ppm) menunjukkan adanya zona hambatan, karena mampu menghambat bakteri Gram positif dan Gram negatif, dimana semakin tinggi variasi konsentrasi pada setiap jenis fraksi menyebabkan zona hambatan yang semakin tinggi. Berdasarkan hasil uji fitokimia ekstrak daun tumbuhan kumbi positif mengandung senyawa golongan alkaloid, tetapi berbeda dengan hasil analisis GC-MS setiap fraksi daun kumbi yaitu fraksi basa dengan variasi program suhu yaitu pada suhu (400 C–2600 C, 1500 C-2700 C, 1000 C- 2800 C, dan 1000 C-2900 C) tidak teridentifikasi senyawa alkaloid, tetapi senyawa golongan asam lemak dan alkohol, pada fraksi asam juga teridentifikasi senyawa golongan asam lemak dan alkohol, sedangkan pada fraksi ekstrak kental metanol senyawa yang teridentifikasi yaitu senyawa golongan asam, senyawa mome inositol serta senyawa (-)-loliolida.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Voacanga foetida (B.I) Rolfe, ekstraksi, aktivitas antibakteri, GC-MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 01 Dec 2018 01:37
Last Modified: 01 Dec 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10899

Actions (login required)

View Item View Item