APLIKASI PUPUK KANDANG AYAM DAN PUPUK HAYATI EKSTRAGEN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus) SECARA ORGANIK

Muliadi, Muliadi (2018) APLIKASI PUPUK KANDANG AYAM DAN PUPUK HAYATI EKSTRAGEN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus) SECARA ORGANIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis pupuk kandang ayam dan dosis pupuk hayati ekstragen yang tepat sebagai upaya pengembangan tanaman okra (Abelmoschus esculentus) secara organik. Percobaan dilaksanakan mulai Maret sampai dengan Juni 2018 di lahan pertanian desa Pijot Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah metode ekperimental dengan percobaan di lapangan. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah Faktor kedua adalah pupuk kandang ayam dengan 4 taraf dosis yaitu 0 kg/plot, 7,5 kg/plot, 9,5 kg/plot, 11,5 kg/plot. pupuk hayati ekstragen dengan 4 taraf dosis yaitu 0 ml/tanaman, 9,3 ml/tanaman, 13,8 ml.tanaman, 18,6 ml/tanaman. Terdapat 16 kombinasi perlakuan dan 48 petak percobaan. Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam, apabila berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji BNJ pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk kandang ayam berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan vegetatif terutama pada laju pertambahan diameter batang tanaman dan pertumbuhan generatif. Pupuk hayati ekstragen berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman. Disarankan untuk melakukan penelitian pada dosis pupuk kandang ayam untuk budidaya okra adalah 9,5 kg/plot atau sama dengan 25 ton/ha karena berbeda nyata dengan dosis 0 kg/plot, namun berbeda tidak nyata dengan dosis 7,5 kg/plot dan 11,5 kg/plot pada penelitian ini, sedangkan dosis pupuk hayati ekstragen disarankan melakukan penelitian lebih lanjut karena tidak adanya pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Okra, pupuk hayati ekstragen, pupuk kandang ayam, pertumbuhan vegetatif dan generatif
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Fakultas Peternakan
Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Pascasarjana
Program Studi Farmasi
Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 01 Dec 2018 01:37
Last Modified: 01 Dec 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10901

Actions (login required)

View Item View Item