PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK PADA PESERTA DIDIK SMA

Ibrahim, Ibrahim (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK PADA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures berbantuan (CUPs) LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan untreated control group design with pretest and posttest. Populasinya adalah semua peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Mataram. Sedangkan Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes tertulis berbentuk soal uraian. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CUPs berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah optik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: CUPs, LKPD, kemampuan pemecahan masalah optik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Oct 2017 00:21
Last Modified: 27 Oct 2017 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item