PERSEPSI MASYARAKAT PADA TRADISI PERANG TOPAT DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN (STUDI DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT)

Zulaehah, Siti (2018) PERSEPSI MASYARAKAT PADA TRADISI PERANG TOPAT DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN (STUDI DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana persepsi masyarakat pada tradisi Perang Topat yang dituinjau dari tingkat pendidikan dan mengetahui kearifan lokal yang terdapat pada tradisi Perang Topat di kabupaten Lombok Barat. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif . informan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik Purposive. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kualitatif melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi masyarakat Lingsar yang ditinjau dari tingkat pendidikan pada tradisi Perang Topat relatif sama yaitu tradisi Perang Topat dilaksanakan untuk mengenang wali yang menyebarkan ajaran agama Islam di Lombok dan persepsi masyarakat Lingsar terhadap rangkaian tradisi Perang Topat relatif sama yaitu persiapan upacara yang meliputi musyawarah, peresean, pembersihan dan pemasangan rak-rak dan abal-abal, penaek gawe, ngeliningan kaok, dan haol. Kedua inti upacara meliputi Perang Topat. Ketiga penutupan upacara meliputi lalang dan beteteh. Dalam tradisi Perang Topat dan Pujawali Pura Lingsar terdapat nilai-nilai kearifan lokal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi, Tradisi Perang Topat, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 01 Dec 2018 02:20
Last Modified: 01 Dec 2018 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item View Item