REZA, RIYA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING JENIS LABA-LABA (SPIDER CONCEPT MAP) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 3 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
jurnal riya reza.pdf Download (624kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping jenis laba-laba (spider concept map) terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan nonequivalen control group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk pilihan ganda sebanyak 20 item untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Data hasil pemahaman konsep siswa diambil menggunakan test pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2,321) > (2,000) pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mind mapping jenis laba-laba (spider concept map) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Labuapi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Mind Mapping jenis laba-laba (spider concept map), pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Saprudin Saprudin |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 01:54 |
Last Modified: | 04 Dec 2018 01:54 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10945 |
Actions (login required)
View Item |