ANALISIS KESULITAN ANAK TUNARUNGU DALAM MEMAHAMI KONSEP TRIGONOMETRI DI SMK NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

SUANTARI, I GUSTI AYU RATNA ARDHITA (2018) ANALISIS KESULITAN ANAK TUNARUNGU DALAM MEMAHAMI KONSEP TRIGONOMETRI DI SMK NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep anak tunarungu dalam memahami konsep pada materi trigonometri dan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep sesuai dengan tingkatan kemampuan pemahaman konsepnya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasi dari penelitian ini adalah anak tunarungu kelas XI di SMK Negeri 5 Mataram yang berjumlah 9 orang. Data dari hasil penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep serta melalui wawancara untuk melengkapi data sesuai dengan hasil jawaban tes siswa pada materi trigonometri. Dari hasil analisis data yang diperoleh, sebanyak 4 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep berkategori tinggi dapat memahami konsep trigonometri dengan presentase sebesar 71,42%. Sebanyak 4 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep berkategori sedang dapat memahami konsep trigonometri dengan presentase sebesar 57,14%. Dan sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep berkategori rendah dapat memahami konsep trigonometri dengan presentase sebesar 42,85%. Kesulitan yang dialami siswa berkemampuan pemahaman konsep berkategori tinggi adalah (1) menyatakan ulang suatu konsep dan (2) menuliskan diketahuinya. Kesulitan siswa yang berkemampuan pemahaman konsep berkategori sedang adalah (1) menyatakan ulang suatu konsep, (2) menuliskan diketahuinya serta (3) menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu. Sedangkan kesulitan siswa yang berkemampuan pemahaman konsep berkategori rendah adalah (1) menyatakan ulang suatu konsep, (2) menuliskan diketahuinya, dan (3) menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu serta (4) mengaplikasikan konsep atau pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): anak tunarungu, pemahaman konsep, trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:53
Last Modified: 04 Dec 2018 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item