MONITORING PING REPLY PADA SAAT KEGIATAN INSTALASI JARINGAN ANTENA MENGGUNAKAN SMS GATEWAY INSTALATION OF ANTENNA NETWORK USED PING REPLY MONITORING WITH SMS GATEWAY

Fiyono, Hartono (2018) MONITORING PING REPLY PADA SAAT KEGIATAN INSTALASI JARINGAN ANTENA MENGGUNAKAN SMS GATEWAY INSTALATION OF ANTENNA NETWORK USED PING REPLY MONITORING WITH SMS GATEWAY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
16. JURNAL.docx.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Instalasi dan monitoring jaringan dengan antena pada awalnya membutuhkan 2 atau lebih teknisi pada waktu yang sama. Antena yang digunakan adalah antena WiMAX dengan merek HiMAX SS-331. Antena diinstal berada pada ketinggian, seperti pada tower, dan membutuhkan 2 teknisi yang bekerja sebagai monitoring kondisi jaringan (PING REPLY ) dan sebagai instaler antena pada ketinggian. Aplikasi Desktop dirancang menggunakan bahasa Java dengan software Netbeans, dan Sistem SMS Gateway dirancang dengan Engine Gammu, dikombinasikan dengan Modem Server sebagai interface SMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi jaringan dalam keadaan baik atau terhubung (PING REPLY) pada saat instalasi jaringan menggunakan Sistem SMS Gateway, dan dapat memudahkan pekerja dalam bekerja mandiri. Hasil yang dicapai pada penelitian ini ialah, mampu memberi informasi PING REPLY antena melalui SMS. Data PING REPLY yang didapat ialah data Reply From 192.168.1.1; bytes= 32 time=1ms TTL=64 dan data PING Statistics dengan data Packet Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss). Kondisi antena dalam kondisi default atau kondisi baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem Monitoring PING Reply, SMS Gateway, Aplikasi Desktop
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:53
Last Modified: 04 Dec 2018 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item View Item