IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4–5 TAHUN DI PAUD GUGUS IV KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014

NURMINAH, NURMINAH (2014) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4–5 TAHUN DI PAUD GUGUS IV KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
J0rnal-Revisi -.doc

Download (242kB)

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa, oleh karena itu mereka harus mendapatkan perhatian dan pendidikan yang serius sebab masa inilah belajar itu dimulai. Baik atau tidaknya moral anak berawal dari penanaman moral yang diberikan sejak kecil, jika dibiasakan dengan berperilaku baik maka akan terbiasa bersikap atau berprilaku baik dan sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Indikator perkembangan nilai-nilai agama dan moral manakah yang belum berkembang, sudah berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 4-5 tahun di PAUD gugus IV Kecamatan Ampenan tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indikator perkembangan nilai-nilai agama dan moral yang belum berkembang, yang sudah berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 4-5 tahun di PAUD gugus IV Kecamatan Ampenan tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah 65 anak. Metode dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang belum berkembang adalah mengenal Tuhan melalui agama yang dianut, mengenal perilaku baik, sopan atau buruk dan membiasakan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai-Nilai Agama dan Moral
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:51
Last Modified: 04 Dec 2018 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10966

Actions (login required)

View Item View Item