PENGARUH DOSIS PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv. Mott) PADA USIA PEMOTONGAN 60 HARI

WULLAN YULI ANGGRAINI RAYES, WULLAN YULI ANGGRAINI RAYES (2018) PENGARUH DOSIS PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv. Mott) PADA USIA PEMOTONGAN 60 HARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL WULLAN.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk N terhadap pertumbuhan dan produksi Rumput Gajah Mini (Pennisetum purpureum cv. Mott) pada usia pemotongan 60 hari telah dilaksanakan mulai dari bulan April juni sampai dengan bulan september 2018. Materi yang digunakan adalah Rumput Gajah Mini dan pupuk urea sebagai sumber nitrogen. Penelitian dilaksanakan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 dosis pupuk sebagai perlakuan dan masing- masing 3 ulangan, variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah tunas, pertambahan tinggi tanaman/minggu dan pertambahan jumlah tunas/minggu, kemudian produksi bahan kering (ton/Ha/60 hari). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis of varian (ANOVA) Menggunakan SPSS 17, dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap pertumbuhan tanaman yaitu tinggi tanaman dan jumlah tunas, dan produksi bahan kering (ton/Ha/60 hari). Dapat disimpulkan bahwa setiap perlakuan penelitian menunjukkan hasil yang baik, pertumbuhan tanaman tertinggi pada rataan pertambahan tinggi tanaman yaitu pada perlakuan T3, rata-rata pertambahan jumlah tunas tertinggi pada perlakuan T4, dan produksi bahan kering (ton/Ha/60 hari) tertinggi terdapat pada perlakuan T4.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rumput Gajah Mini, Pupuk Urea, Pertumbuhan dan Produksi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Dec 2018 05:34
Last Modified: 04 Dec 2018 05:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item