PROFIL LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PENDIDIK IPA SMP

Jamaluddin, Jamaluddin (2018) PROFIL LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PENDIDIK IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5 (1). ---. ISSN 2407-795X (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL PNLT PNBP 2018.docx

Download (70kB)
Official URL: http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/index

Abstract

Pendidik IPA SMP perlu memiliki literasi sains dan keterampilan berpikir kritis yang baik, agar mereka memiliki kompetensi yang dukup untuk membelajarkan peserta didik agar mampu berkompetisi dalam era informasi dan globalisasi saat ini dan masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil literasi sains dan keterampilan berpikir kritis pendidik IPA. Subjek dari penelitian ini adalah para pendidik IPA SMP yang masih aktif melaksanakan tugas profesionalnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari instrumen instrumen literasi sains dan instrumen keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil literasi sains pendidik IPA rata-rata berkategori cukup. Profil keterampilan literasi sains pendidik SMP dikategorikan dalam kelompok baik 33,33%, kategori cukup 16,67%, dan kategori kurang 50%. Skor keterampilan berpikir kritis guru berkisar dari 55,56 hingga 88,89. Profil rata-rata keterampilan berpikir kritis pendidik IPA dalam kategori sedang. Pendidik IPA yang berketerampilan berpikir kritis tinggi 32%, yang berketerampilan berpikir kritis sedang 32%, dan 36% dari mereka memiliki keterampilan berpikir kritis rendah.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Leterasi sains, Berpikir kritis, Pendidik IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr Jamaluddin Jamaluddin
Date Deposited: 04 Dec 2018 06:02
Last Modified: 04 Dec 2018 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11020

Actions (login required)

View Item View Item