POTENSI EROSI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) SENARU UNTUK PENNGEMBANGAN MQDEL HUTAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM

IDRIS, MUH. HUSNI and Latifah, Sitti and Aji, Irwan Mahakam Lesmono and Indriyatno, Indriyatno and Yusiharni, Baiq Emielda (2013) POTENSI EROSI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) SENARU UNTUK PENNGEMBANGAN MQDEL HUTAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM. University of Mataram, Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
20. Potensi Erosi Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus_.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://eprints.unram.ac.id/cgi/users/home?screen=E...

Abstract

Pengembangan model pengelolaan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Pendidikan seluas 225.7 ha di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara diperlukan untuk memaksimalkan perannya sebagai Hutan Pendidikan dalam mendukung tridharma perguruan tinggi; pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi erosi KHDTK Senaru yang dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam pengelolaan KHDTK Senaru. Tingkat erosi ditentukan menggunakan pendekatan Universal Soil Loss Equation (USLE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa daerah penelitian memiliki erosi yang rendah sampai sangat tinggi dengan 7.6% areal memiliki erosi rendah (15-60 ton/ha/tahun), 51.2% sedang (60-180 ton/ha/tahun), 26.1% tinggi (180-480 ton/ha/tahun), dan 15.1% sangat tinggi (>480 ton/ha/tahun). Sementara Index Bahaya Erosi (IBE) menunjukkan bahwa 69.9% dari total areal memiliki IBE sangat tinggi dan sisanya masing-masing 20.7% dan 9.4% dari total areal memiliki IBE sedang dan rendah. Berdasarkan hasil ini, KHDTK Senaru harus dikelola secara hati dengan tetap memperhatikan tutupan lahan. Pengabaian terhadap penutupan lahan berpotensi meningkatkan laju erosi.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Pengelolaan Hutan, erosi, Hutan pendidikan
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Dr. Sitti Latifah
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:13
Last Modified: 05 Dec 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item