Mayadianti, Nur (2017) HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/1017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di gugus IV kecamatan cakranegara tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini Ex-post Facto dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN di gugus IV kecamatan cakranegara 2016/2017 yang berjumlah 1.303 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling pada siswa kelas II-VI SDN di gugus IV kecamatan cakranegara. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata manajemen kelas adalah 21,69 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 79,11. Terdapat hubungan positif dan signifikansi antara manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa, data dalam penelitian ini berdistribusi normal di tentukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5%, di mana hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0,309 dan hasil dari penelitian ini menunjukan manajemen kelas memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Manajemen Kelas, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 00:20 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 00:20 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1105 |
Actions (login required)
View Item |