HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/1017

Mayadianti, Nur (2017) HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/1017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di gugus IV kecamatan cakranegara tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini Ex-post Facto dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN di gugus IV kecamatan cakranegara 2016/2017 yang berjumlah 1.303 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling pada siswa kelas II-VI SDN di gugus IV kecamatan cakranegara. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata manajemen kelas adalah 21,69 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 79,11. Terdapat hubungan positif dan signifikansi antara manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa, data dalam penelitian ini berdistribusi normal di tentukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5%, di mana hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0,309 dan hasil dari penelitian ini menunjukan manajemen kelas memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen Kelas, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Oct 2017 00:20
Last Modified: 27 Oct 2017 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item