Penentuan Lokasi Road Side Unit yang Optimal untuk Meningkatkan Rasio Pengiriman Paket Data pada Jaringan VANET (Studi Kasus : Kota Mataram)

FIRDAUSI, SALEH (2018) Penentuan Lokasi Road Side Unit yang Optimal untuk Meningkatkan Rasio Pengiriman Paket Data pada Jaringan VANET (Studi Kasus : Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Laporan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah utama dengan VANET adalah posisi dari node kendaraan yang selalu berubah sehingga menghasilkan transmisi data yang rendah. Untuk meningkatkan kinerja protokol routing, penelitian ini akan menggunakan Road Side Unit (RSU). RSU bertindak sebagai repeater yang dapat memperkuat sinyal sehingga dapat memperluas jangkauan kendaraan untuk mengirim dan menerima data. Penentuan lokasi dan jumlah RSU perlu dilakukan dengan menganalisis lokasi penempatan yang optimal, sehingga dapat mengurangi jumlah RSU yang diperlukan dan menghemat biaya untuk implementasi tanpa mengurangi kinerjanya. Penelitian ini akan membandingkan 2 protokol routing, DSR (Dynamic Source Routing) dan AODV (Ad-Hoc On-Demand Distance Vector) untuk menentukan protokol routing mana yang cocok untuk jaringan VANET di kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh lokasi RSU yang optimal pada peningkatan kinerja protokol routing DSR dan AODV di lingkungan VANET. Hasil dari penelitian ini adalah Road Side Unit (RSU) terbukti dapat meningkatkan performa protokol routing DSR dan AODV dalam melakukan pengiriman data. RSU yang diletakkan di titik yang optimal pada peta terbukti tetap menunjukkan performa yang baik. Hasil pengujian protokol routing AODV setelah meletakkan RSU di titik optimal adalah Packet Delivery Ratio sebesar 100,00%, Packet Loss sebesar 0,00%, dan End to End Delay sebesar 0,654715 ms. Sedangkan untuk protokol routing DSR adalah Packet Delivery Ratio sebesar 100,00%, Packet Loss sebesar 0,00%, dan End to End Delay sebesar 1,74788 ms. Hasil simulasi menunjukkan protokol routing AODV lebih baik diterapkan untuk jaringan VANET di Kota Mataram karena memiliki end to end delay yang lebih baik dari DSR.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Road Side Unit, Kota Mataram, AODV, DSR, VANET
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:11
Last Modified: 05 Dec 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11054

Actions (login required)

View Item View Item